Mengembangkan
bisnis dengan memanfaatkan sosial media tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi
khusus sehingga bisnis martabak manis yang sedang dirintis dapat dikenal di
berbagai platform media
sosial dan membuat penggunanya tertarik untuk membeli produk martabak yang
ditawarkan.
Rangakaian tips berikut ini, mungkin bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis martabak manis yang Anda jalankan.
Tentukan Target Audiens
Sebelum menentukan media sosial
yang akan digunakan, ada baiknya untuk menentukan target audiens atau target pasar yang akan dituju.
Hal ini diperlukan karena setiap platform sosial media memiliki demografisnya
tersendiri.
Jika target Anda adalah anak
muda, akan lebih efektif menggunakan Instagram. Tapi, jika target yang Anda
bidik semua kalangan, Facebook bisa mejadi pilihat yang tepat.
Pilih Sosial Media Utama
Setelah menentukan target audiens,
hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih sosial media utama. Untuk
langkah awal fokus di satu tujuan dulu dan konsentrasilah pada itu.
Contoh jika target audiens Anda adalah anak muda, gunakan
Instagram sebagai sosial media utamanya. Dan bisa menjadikan Facebook, Twitter
dan lainnya sebagai pendukung.
Buatlah Konten Kreatif dan Menarik
Membuat konten kreatif dan
menarik adalah salah satu kunci sukses promosi melalui sosial media. Anda harus
pandai membuat konten yang kreatif agar dapat menarik perhatian audiens yang
menjadi target pasar Anda.
Sesuaikan konten dengan platform sosial media yang digunakan. Jika
sosial media yang Anda pilih Instagram, modal utama adalah memiliki foto Instagramable dengan tidak terlalu banyak caption.
Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengambil beberapa foto produk
martabak manis dengan angle yang
menarik.
Memilih Waktu dan Momen yang Tepat
untuk Promosi
Melakukan promosi untuk menarik
perhatian calon konsumen itu memang penting. Tapi melakukan promosi terus
menerus juga tidak bagus untuk kelangsungan bisnis martabak manis yang akan
dijalankan.
Selain membuat Anda mendapat
keuntungan yang sedikit, membuat promo setiap hari juga bisa membuat konsumen
bosan hingga meninggalkan produk Anda. Agar lebih aman, Anda bisa melakukan
promosi secara tersirat di dalam sebuah artikel yang bermanfaat atau di dalam
postingan yang menarik.
Posting Secara Rutin
Promosi menggunakan sosial media
bukan pekerjaan sampingan yang bisa ditinggalkan kapan saja, Anda dituntut
untuk konsisten.
Jika hanya dilakukan sesekali
dalam seminggu, konsumen akan dengan mudah melupakan produk yang Anda miliki.
Maka dari itu, harus ada jadwal rutin. Mulai dari jadwal harian, mingguan,
hingga bulanan. Idealnya konten di upload tiga
kali dalam sehari.
Jalin Kerjasama dengan Influencer
Social media influencer adalah orang yang memiliki akun media
sosial dengan follower yang
jumlahnya banyak dan memiliki kemampuan untuk membuat dan memengaruhi semuafollower-nya.
Anda tinggal mencari influencer yang cocok dan mewakili produk
martabak manis yang Anda pasarkan. Untuk tarif sekali post setiap influencer biasanya berbeda-beda tergantungfollower yang
dimiliki, tetapi umumnya harganya masih masuk akal untuk Anda yang memiliki budget rendah.
Jalin Komunikasi Efektif
Hal terakhir yang harus Anda
lakukan adalah menjalin komunikasi dengan konsumen melalui sosial media.
Cobalah untuk menjawab setiap komen yang ada pada postingan. Hal ini akan
memberikan kesan friendly bagi follower akun
sosial media yang Anda kelola.
Itu dia strategi pemasaran produk
makanan martabak manis melalui sosial media yang akan membantu meningkatkan
bisnis Anda.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar